Yanikom.net - Sobat netter musim mudik sudah berlalu sebentar lagi pemudik ramai-ramai untuk kembali ke tempat kerja masing-masing, setelah merayakan lebaran di kampung halaman dengan sanak saudara, meski terkadang timbul rasa malas bila harus kembali ketempat kerja.

Karena disadari atau tidak dalam bekerja sesekali akan tumbuh rasa bosan ditempat kerjanya ingin merasakan bagaimana rasanya mempunyai usaha sendiri tidak lagi bergantung pada orang dan tidak lagi diperintah-perintah oleh atasan dan berada di kampung halaman. Faktor inilah yang paling banyak ditemui ketika seseorang memutuskan untuk membuka usaha sendiri didesa.

Musim mudik sangat cocok dimanfaatkan untuk survei peluang usaha yang cocok untuk dikembangkan di desa tempat kelahiran, sembari silaturrahim disempatkan untuk mencermati lingkungan sekitar kira-kira usaha apa yang bisa ditekuni kalau ingin memutuskan kembali ke kampung halaman.

Rata-rata bagi pekerja yang sudah lama merantau terkadang ingin pulang kekampung dengan mengembangkan usaha sendiri dengan bekal pengalaman kerja yang digeluti selama merantau. Di pedesaaan yang rata-rata berprofesi petani tentu bagi yang sudah terbiasa kerja di kantoran, pabrik, perusahaan tentu untuk kembali menjadi petani sangat jarang dengan berbagai alasan tentunya.

Seperti yang pernah saya lakukan ketika memutuskan pulang kampung untuk membuka usaha rental pengetikan, studio foto dan bimbingan belajar komputer. Ditengah perkembangan Teknologi ini sangat cocok untuk dikembangkan di desa, yang saat itu masih sangat jarang yang menggeluti usaha ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top