Pengertian
Blog
Blog adalah website yang mengandung
konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain
yang disediakan oleh penulis blog (Sumber: Merriam Webster)
Dari sumber lain,
blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi
pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog
dilengkapi gambar atau link ke website lain.
Jadi,
apa itu blog?
Blog adalah salah satu jenis website yang
kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan
posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).
Struktur
pada Blog
Saat ini blog memiliki tampilan dan
tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog itu sendiri. Mulai dari
blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga blog yang hanya memiliki satu
kolom. Pada dasarnya blog memiliki struktur standar, berikut beberapa struktur
standar pada sebuah blog:
- Header:
Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog,
deskripsi blog dan menu blog.
- Navbar:
Elemen ini biasanya terletak diatas header. Fungsi dari Navbar untuk
mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya
tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik blog.
- Main blog:
Biasanya terletak di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana postingan
blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal,
nama penulis serta kolom komentar.
- Sidebar:
Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat
menambahkan widget lainya seperti kalender, jam dan widget menarik
lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.
- Footer:
Terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik
blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.
Sejarah
Blog
1994:
Personal Home Page Justin Hall
Cikal bakal blog dimulai pada tahun
1994 oleh Justin Hall yang membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net.
Tampilan blog Justin sangat sederhana, hanya laman dengan background warna
putih polos yang diisi tulisan. Sampai sekarang pun Anda masih bisa mengakses
blog Justin.
Berkat inisiatifnya membuat jurnal
online berisi konten personal, pada tahun 2004 The New York Times Magazine
menobatkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger.
Walaupun begitu, inisiatif Justin
Hall pada awalnya tidak disebut sebagai blog, tetapi sebagai “personal home
page”. Justin memanfaatkan personal home page tersebut untuk menuliskan
kehidupan pribadinya, dari kuliah, hubungan dengan ayahnya, hingga kehidupan
asmaranya.
1997:
Muncul Istilah Weblog
Baru pada tahun 1997, Jorn Barger
memperkenalkan istilah weblog yang merupakan gabungan dari kata web dan log.
Jorn Barger memutuskan untuk menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan
aktivitas internetnya, yaitu “logging to the web” yang berarti mencatat di web
dalam Bahasa Indonesia.
Selain memperkenalkan istilah
weblog, Jorn Barger juga adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep
kronologi dalam weblognya sendiri, yaitu Robot Wisdom. Konsep kronologi ini
memungkinkannya menempatkan postingan terbarunya di urutan teratas dalam
weblog. Dengan begitu pengunjung bisa membaca postingan dari yang terbaru
sampai postingan terlama.
1999:
Istilah Blog Dikenalkan
Peter Merholz (Sumber Gambar:
Twitter @peterme)
Istilah weblog bertahan selama dua
tahun, sampai Peter Merholz, seorang desainer website memperkenalkan istilah
“blog” sebagai kependekan dari weblog. Di blog pribadinya, Peter Merholz
menyatakan bahwa ia memang menyukai permainan kata dan ia tidak menyangka
keputusannya untuk menyebut weblog sebagai blog akan berdampak besar hingga
saat ini.
1999:
Lahirnya Blogger, LiveJournal, dan Xanga
Tahun 1999 masih menjadi tahun
penting bagi sejarah blog. Tahun ini menjadi tahun dirilisnya tiga platform
blog personal. LiveJournal menjadi platform blog pertama yang didirikan pada
tahun tersebut oleh Brad Fitzpatrick.
Pyra Labs yang digawangi oleh Evan
Williams dan Meg Hourihan menyusul LiveJournal pada Agustus 1999 dengan
platform blog bernama Blogger. Kemudian dilanjutkan dengan kehadiran platform
blog ketiga, yaitu Xanga.
2003:
Akuisisi Blogger dan Lahirnya WordPress
Tahun 2003 menjadi tahun penting
dalam sejarah blog. Pada Februari 2003, Google resmi mengakuisisi Pyra Labs,
pembuat Blogger. Akuisisi tersebut menandakan bisnis blog memiliki masa depan
cerah.
Di tahun yang sama, pesaing utama
Blogger, yaitu WordPress resmi diluncurkan. Blogger dan WordPress sama-sama
menyediakan layanan blog personal gratis. Selain gratis, layanan yang
disediakan oleh WordPress dan Blogger termasuk mudah untuk dioperasikan, bahkan
bagi orang yang awam teknologi sekalipun.
2018:
WordPress Menjadi Platform Paling Populer
Dalam 15 tahun perjalanannya,
WordPress berkembang tidak hanya menjadi platform penyedia blog. WordPress juga
dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website, dari toko online hingga
website perusahaan. Bahkan WordPress menguasai market share CMS website dengan
angka 51.09 persen, sedangkan Blogger harus
puas dengan market share sebesar 2 persen.
Sejarah
Blog di Indonesia
Di Indonesia sendiri, blog mulai
dikenalkan oleh Enda Nasution pada tahun 2001 melalui artikel berjudul “Apa itu Blog”. Berkat inisiatifnya
mempromosikan blog di Indonesia, beberapa media massa Indonesia menyebutnya
sebagai Bapak Blogger Indonesia, The Jakarta Post adalah salah satunya.
Kiprahnya memperkenalkan blog kepada
masyarakat Indonesia tidak hanya berhenti di postingan “Apa Itu Blog?”. Enda
juga aktif berbicara di berbagai media untuk memperkenalkan apa itu blog dan
kebebasan berbicara.
Enda juga memprakarsai Pesta Blogger
yang pertama kali diadakan pada 27 Oktober 2007 Enda bersama beberapa blogger
nasional lain mengadakan Pesta Blogger yang juga bekerja sama dengan perusahaan
konsultan komunikasi, Maverick. Acara ini bertujuan menjadi ajang berkumpulnya
para blogger Indonesia untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai blog.
Di Pesta Blogger pertama tersebut
Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh, berinisiatif menyebut 27
Oktober sebagai Hari Blogger Nasional di sambutan pembukaan acara. Sampai saat
ini 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional dan dirayakan oleh
para blogger di berbagai daerah.
Pada tahun 2015, Antara melaporkan
terdapat 3,5 persen blogger dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia atau
sekitar 3 juta blogger. Angka ini termasuk kecil, mengingat penduduk Indonesia
yang berjumlah lebih dari 200 juta orang.
Jenis-Jenis
Blog dan Contohnya
Dalam perkembangannya, blog tidak
hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi. Blog adalah alat yang dapat
digunakan untuk berbagai macam tujuan. Bahkan blog bisa menjadi ladang bisnis
dan menghasilkan uang. Baik menghasilkan uang untuk pribadi atau perusahaan.
Apa saja jenis blog yang bisa Anda
kelola? Berikut jenis-jenis blognya
Blog
Pribadi
Di awal kemunculannya, blog memang
dimanfaatkan untuk tujuan pribadi. Kebanyakan orang menggunakan blog untuk
menulis cerita-cerita pribadi yang bisa diakses secara online. Blog sering juga
disebut sebagai jurnal online karena memungkinkan penggunanya untuk mencatat
“buku harian” secara online.
Konten blog pribadi biasanya sangat
bebas, tidak terikat aturan tertentu. Pemilik blog bebas menentukan konten
seperti apa yang akan ditulis. Bisa mengenai cerita liburan, pengalaman
sekolah, cerita tentang keluarga, atau bahkan tentang kisah asmaranya.
Beberapa blogger yang bisa sukses
dengan jenis blog ini adalah Raditya Dika dan Agus Mulyadi. Raditya bahkan
berhasil menerbitkan buku berdasarkan pengalaman yang ditulis di blognya.
Blog
Profesional
Berbeda dengan blog pribadi, blog
profesional memiliki batasan tertentu dalam konten yang diterbitkan. Biasanya
blog profesional berisi konten-konten yang dapat menunjukkan profesionalitas
pemilik blog di suatu bidang.
Misalnya, Anda ahli di bidang SEO
dan digital marketing maka Anda bisa mengisi blog profesional Anda dengan
konten yang berkaitan dengan SEO dan digital marketing. Anda harus membahas
topik-topik yang berkaitan dengan SEO dan digital marketing dengan detail agar
pembaca benar-benar memahami yang Anda tulis.
Contoh blog profesional yang dapat
Anda jadikan referensi adalah Sugeng.id. Blog Sugeng.id berhasil mengumpulkan
banyak pengunjung dan juga dipercaya sebagai ahli di bidang digital marketing,
SEO dan pembuat template blog keren.
Blog
Bisnis (Content Marketing)
Tidak hanya digunakan untuk tujuan
pribadi, blog juga dapat (bahkan perlu) dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik
bagi website perusahaan atau toko online.
Mengapa harus menggunakan blog?
Karena blog lebih dinamis dan bisa merilis update konten tanpa batasan. Berbeda
dengan website perusahaan atau toko online yang kontennya hanya berisi
informasi produk.
Dengan memanfaatkan blog untuk
tujuan content marketing, Anda bisa mendatangkan
pengunjung melalui kata kunci yang sering dicari oleh calon konsumen Anda.
Misalnya, Anda memiliki toko online
yang menjual tas. Anda bisa membuat konten blog yang berkaitan dengan tas
seperti tips cara merawat tas berbahan canvas atau tips memilih tas yang paling
cocok.
Ingat, kebanyakan calon konsumen
mencari informasi produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Oleh
karena itu Anda harus muncul di hasil pencarian mereka. Salah satu cara paling
efektif untuk mendatangkan trafik dari organic search adalah dengan menggunakan
blog (content marketing).
Manfaat
dan Fungsi Blog
Manfaat dan fungsi blog di bawah ini
kebanyakan adalah untuk blog yang bisa dikelola oleh individu seperti blog
pribadi dan blog profesional.
Mengasah
Kemampuan Menulis
Menulis adalah keahlian penting yang
bisa dilakukan oleh siapa saja dan Anda bisa mengasah kemampuan tersebut
melalui blog.
Anda bebas menulis artikel
sebanyak-banyaknya sampai kemampuan menulis Anda semakin baik. Terlebih lagi
blog adalah platform yang cocok digunakan untuk tema apa saja, dari traveling
hingga parenting.
Media
Publikasi untuk Siapa Saja
Selesai menulis sebuah artikel atau
cerita, tentu Anda ingin banyak orang yang membacanya bukan? Nah, blog bisa
melakukan publikasi untuk Anda.
Jika mengirim tulisan ke sebuah
media, tentu akan ada seleksi dan ada kemungkinan tulisan yang Anda kirimkan
tidak terbit. Melalui blog, Anda bisa menerbitkan tulisan atau karya Anda kapan
saja.
Bukti
Profesionalitas
Blog juga dapat dimanfaatkan untuk
menunjukkan profesionalitas Anda di bidang tertentu. Misalnya, Anda adalah
seorang profesional di bidang marketing, Anda bisa membuat blog yang berisi
tips-tips berkaitan dengan marketing.
Sebagai
Sarana untuk Branding
Konten-konten di blog Anda bisa
menjadi portofolio online yang bisa diakses siapa saja, termasuk oleh
perusahaan yang akan merekrut Anda. Apalagi rekrutmen di era digital ini tidak
terbatas pada CV yang dikirimkan saja, tetapi juga pada jejak digital yang Anda
miliki.
Menghasilkan
Uang
Fungsi blog terakhir adalah untuk
menghasilkan uang.
Anda juga dapat menghasilkan uang dari blog. Terdapat
berbagai cara untuk menghasilkan uang melalui blog. Pertama, Anda bisa
menggunakan Ads Google. Blog dengan trafik kunjungan tinggi biasanya dapat
dengan mudah bekerja sama dengan layanan iklan milik Google tersebut.
Kedua, Anda bisa mendapatkan uang
dari endorsement produk. Perusahaan akan berdatangan mengajak kerjasama
endorsement dengan Anda kalau Anda adalah Key Opinion Leader (KOL). KOL
biasanya adalah seorang profesional di bidang tertentu yang mampu menggerakkan
opini pembaca.
Ketiga, semakin banyak yang mengenal
karya Anda, semakin terbuka juga peluang untuk membuka jasa freelance. Anda
dapat membuka jasa freelance sesuai dengan keahlian yang Anda punya. Bisa
desain, copywriting, ilustrasi, fotografi, atau keahlian lain yang dibutuhkan
banyak orang.
Untuk bisa menghasilkan uang dari
blog, Anda perlu punya domain sendiri dan web hosting. Mengapa? Karena dengan
punya domain sendiri, blog Anda lebih terpercaya. Di sisi lain web hosting
berguna untuk menyimpan data-data blog Anda. Jadi pastikan untuk beli domain
dan web hosting Indonesia di
perusahaan terbaik ya!
Kesimpulan
Demikian penjelasan lengkap tentang
apa itu blog, dari sejarah blog, pengertian blog, hingga fungsi blog yang bisa
Anda dapatkan.
Blog adalah platform yang dapat
digunakan oleh semua orang. Sudah terpikir blog seperti apa yang akan Anda
buat? Jika Anda sudah memiliki konsep, Anda bisa membuat blog tersebut
menggunakan platform WordPress. Kami menyarankan untuk menggunakan WordPress
karena WordPress mudah digunakan siapa saja, baik orang awam maupun
profesional. Untuk panduan membuat blog, Anda dapat membaca tutorialnya
di Cara Membuat Blog dengan Langkah Mudah.
Selain itu WordPress adalah platform
pembuatan website dan blog paling populer di dunia dengan market share sebanyak 51 persen. Dengan banyaknya pengguna
WordPress, Anda dapat dengan mudah menemukan e-book, tutorial, dan tips-tips
menggunakan WordPress. Selamat membuat blog!
0 komentar:
Posting Komentar