Temayang - Sebuah perubahan besar di dunia pedidikan dalam menyambut peserta didik baru dipicu dengan semakin banyaknya kasus pelaporan orang tua wali kepada pihak berwenang atas perlakuan guru yang dirasa sebagai upaya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya belajar, sampai-sampai ada edaran khusus dari Menteri Pendidikan untuk mengawali tahun ajaran baru 2016/2017 dengan menyambut siswa dan harus diantarkan oleh orang Tua/Walinya. 

Meski terkesan lambat dalam mengambil sikap setidaknya dengan kebijakan ini orang tua wali sadar bahwa anaknya yang disekolahkan itu dengan senang hati untuk di didik oleh lembaga pedidikan yang sudah dipilihnya. Betapa penting peran orang tua dalam mengawasi perkembangan anak-anaknya dan tidak melulu menyalahkan pendidik apabila ada hal-hal yang kurang dari anak. 

Karena dengan keterbatasan waktu tenaga dan pikira tentunya seorang Guru sangat jauh dari harapan bila orang tua tidak mau tau bagaimana perkebangan anaknya baik itu dari segi akademis maupun non akademis. 

Pidato sambutan Bupatipun dibacakan saat awal masuk sekolah, ini menandakan betapa rapuhnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, tentunya hal ini berbanding terbalik dengan harapan yang meraka bebankan kepada anak-anaknya, namun terlepas dari itu semua perlu di apresiasi setinggi-tingginya akan kepedulian pemerintah dalam usahanya mencerdaskan seluruh lapisan masyarakat. 

Yang paling perlu dipahamkan pada orang tua/Wali adalah belajar itu tidak hanya untuk sekolah tapi untuk kehidupan, sehingga segala aspek bisa dipelajari dikesehariannya dan tidak melulu waktu belajar itu ya saat disekolah kalau dirumah boleh se-enaknya main. 

Semoga dengan awalan yang sangat baik ini mampu mendukung pembelajaran yang baik pula, sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai dengan baik.(Yan)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top