A. DEFINISI

Browser merupakan program atau aplikasi yang di rancang untuk menampilkan teks, gambar, dan juga dapat digunakan untuk berbagai macam interaksi pada saat menjelajahi internet. Dengan menggunakan Internet Browser kita akan dapat mengakses internet (world wide web). Internet browser juga dikenal dengan nama web browser yang digunakan untuk mengkases sebuah website yang berisi gambar, video, audio, kata-kata dalam bentuk HTML.Internet Browser mula-mulanya dikembangkan agar bisa berbagi dokumen dalam bentuk teks dari orang per orang namun dalam jumlah yang kecil. Kemudian dengan semakin berkembangnya teknologi maka web browser berkembang dengan sangat cepat yang telah digunakan jutaan bahkan milyaran orang di seluruh dunia. Pengertian browser dapat pula didefinisikan sebagai sebuah software yang digunakan untuk berinteraksi dan mengakses website.

B. FUNGSI

Dalam Bahasa Indonesia Browser atau Web Browser memiliki arti sebagai penjelajah web. Jadi fungsi Browser itu sendiri adalah untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dukumen-dokumen yang disediakan oleh web server.

Macam-macam Browser

1. Microsoft Internet Explorer (IE)

Microsoft Internet Explorer (IE) adalah Perangkat lunak untuk menjelajah dunia maya internet yang berhasil dibuat oleh Microsoft. Browser ini pertama kali diperkenalkan pada 16 Agustus 1995. Internet Explorer 8 adalah versi terakhir yang diperbaharui oleh Microsoft. Internet Explorer 8 kecepatannya jelas lebih cepat dari versi terdahulunya, mampu mendeteksi kepalsuan sebuah website, mengamankan informasi yang bersifat pribadi atau sesuatu yang harus dirahasiakan menurut sobat dan masih banyak lagi keunggulannya.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (Phoenix) adalah Perangkat lunak yang dahulunya bernama Mozilla yang dibuat oleh Blake ross. Seiring berjalannya waktu, blake ross mengembangkan browser mozilla bersama kerabatnya: Dave Hyatt (pembuat firefox). Atas kerjasamanya dengan dave hyatt, akhirnya browser ini diberi dan terkenal dengan nama Mozilla Firefox. Browser ini memiliki penampilan yang cukup sederhana, kinerja yang memuaskan dalam kecepatannya, baik download maupun upload file. Firefox atau Mozilla Firefox adalah salah satu internet browser modern yang paling banyak dipakai saat ini. Mozilla Firefox adalah web browser yang bersifat freeware dan cross-platform, dikembangkan oleh Mozilla Corporation dan ratusan sukarelawan dari seluruh dunia. Sesuai dengan namanya, web browser Firefox memiliki logo rubah api, awalnya merupakan cabang dari Netscape Navigator, yakni Mozilla Application Suite. Namun, kesuksesan Firefox menembus pasar web browser justru mengantarkannya sebagai software utama yang dikembangkan oleh Mozilla saat ini. Versi terbaru dari Mozilla Firefox telah mendukung HTML5 dan CSS3 serta minimnya bug di dalamnya. Kelebihan browser ini adalah sifatnya yang modular sekaligus open source sehingga mudah sekali untuk menambahkan add-on di bagian mana pun. Oleh karena itu, komunitas pengguna Firefox sangat berkembang, ditandai dengan banyaknya pengguna serta developer add-on Firefox tersebut.

3. Google Chrome

Google Chrome adalah Perangkat lunak yang dibuat oleh Google yang digunakan untuk menjelajahi internet. Browser ini adalah hasil pergabungan antara desain minimal dengan teknologi canggih agar web dapat diakses dengan lebih aman, cepat dan mudah. Google chrome saat ini menyediakan web browser terbaru mereka, yakni "Google Chrome With 3D". Browser ini dapat terwujud karena adanya Hyper Text Markup Language (HTML) 5 merupakan teks atau file ASCII dan berisikan intruksi agar browser menmpilkan suatu tampilan grafis pada sebuah halaman web. Google Chrome atau disingkat Chrome adalah web browser freeware yang dirancang dan dikembangkan oleh Google Inc., dan merupakan web browser terbaru di antara ketatnya persaingan pasar Internet browser. Google Chrome dirilis sebagai versi beta untuk system operasi Microsoft Windows pada bulan September 2008, dan sebagai versi stabil dirilis pada bulan Desember 2008. Menurut StatCounter, Google Chrome memiliki pasar sebesar 34% dari total penggunaan web browser di seluruh dunia, sehingga menjadi web browser yang paling banyak digunakan pada saat ini. Menurut W3Counter, Google Chrome menjadi pemimpin secara global pada bulan Agustus 2012 dengan menguasai pasar sebesar 28%. Namun, Net Applications menganggap Google Chrome hanya menduduki peringkat ketiga dalam hal jumlah pengguna, di belakang Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Google Chrome menggunakan engine layout Webkit dan memiliki fitur yang sederhana tetapi berjalan lebih ringan daripada browser lain, sehingga menjadi salah satu nilai lebih dibandingkan dengan web browser lain. Google Chrome dirancang sebagai web browser yang aman, sederhana, dan stabil. Desainnya dibuat minimalist, tetapi dengan pertimbangan fungsional yang dapat memudahkan penggunanya. Google Chrome juga menawarkan theme yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan standarnya. Banyak fitur unik yang dimiliki oleh Google Chrome, yang telah digembar-gemborkan sebelumnya oleh pengembang Internet browser lainnya, namun Google yang kemudian pertama kali mengimplementasikannya dan kemudian merilisnya ke pasar. Sebagai contoh, inovasi GUI (Graphical User Interface) yang paling besar adalah dengan menggabungkan address bar dengan search bar (dinamakan Omnibox), pertama kali diumumkan oleh Mozilla pada bulan Mei 2008 sebagai sebuah fitur yang direncanakan untuk Firefox. Internet Explorer 9 dan Safari versi 6 sekarang telah menggabungkan search bar dan address bar.

4. Opera

Opera adalah web browser yang bersifat freeware dan multi-platform yang dikembangkan oleh Opera Software ASA, sebuah anak perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia, yakni Telenor. Opera merupakan salah satu Internet Suite populer yang bersifat multiplatform. Selain diperkenalkan sebagai Web Browser, Opera juga datang sebagai e-mail client yang powerful, IRC client dan kemampuan untuk menampilkan Opera Widget. Selain berjalan di PC, Opera juga berjalan pada berbagai platform seperti ponsel, smartphone, PDA, game console, dan televisi interaktif. Di lingkungan PC, Opera dapat berjalan pada hampir semua platform populer. Opera dikembangkan oleh perusahaan Opera Software yang berbasis di Oslo, Norwegia. Opera bukanlah sebuah program yang baru, program ini telah dikembangkan sejak tahun 1994, awalnya sebagai riset pada perusahaan Telenor, sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Pada tahun 1995, perusahaan independen didirikan dengan nama Opera Software ASA. Pada tahun 1996 Opera dirilis ke publik yang dilakukan pada versi 2.0. Namun, karena permintaan pasar yang tinggi, pada akhir tahun 1997 Opera versi 3.0 diluncurkan untuk berbagai operating system. Opera versi 5.0 menjadi program yang ad-sponsored, dan tidak lagi menggunakan periode trial. Dengan demikian, user bisa menggunakan web browser ini tanpa membayar, namun, iklan-iklan akan ditampilkan. Dengan demikian, bagi user yang tidak ingin diganggu oleh iklan, maka dipersilahkan untuk membayar. Pada Opera versi 8.5, iklan-iklan tadi kemudian dihapus, dan Opera tetap bisa digunakan tanpa harus membayar. Hal ini berlaku hingga saat ini. Opera versi stabil untuk PC pada saat tulisan ini dibuat (Oktober 2012) adalah Opera versi 11. Anda



5. Safari (Browser)

Safari (Browser) adalah Browser internet yang berhasil dibuat oleh Apple inc. Awalnya browser ini hanya dapat digunakan pada Mac OS X saja. Namun sekarang sudah dapat digunakan kepada operasi Windows. Safari memberikan elemen desain yang sangat canggih sehingga penggunanya lebih senang. Safari dirancang sebagai browser yang cepat dan ringan, dapat kembali ke titik awal aktifitas browsing setelah berkunjung ke berbagai tempat situs web (SnapBack). Safari adalah sebuah peramban web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan peramban web bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai peramban web bawaan. Pada 11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untuk Windows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.



A. Rekomendasi Pengguna

Jika ingin browser yang ringkas , kita bisa menggunakan Google Chrome. Selain cepat dan ringkas dalam mengakses internet, Google Chrome lebih cepat tampil saat kita mengklik shortcutnya yg biasanya ada di dekstop atau di Start menu. Jadi,kita tinggal klik, langsung terbuka web Browser nya.




SEARCH ENGINE

A. DEFINISI

Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

B. FUNGSI

Search Engine mempunyai bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing anta lain adalah:
mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet.

C. MACAM-MACAM SEARCH ENGINE
Google
Yahoo
Bing
Ask .
Amfibi

D. SERCH ENGINE GOOGLE

· SEJARAH SINGKAT

Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil".Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS, untuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di Kansas City untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi.

· PENGEMBANG

Larry Page dan Sergey Brin



10 Alat pengembang website yang di miliki google
Angular JS - Angular JS adalah sebual toolset yang berfungsi untuk membangun kerangka kerja. Biasa di gunakan untuk pengembangan Aplikasi.
Google App Engine - Alat ini di fungsikan untuk mengembangkan artikel dan menjalankan aplikasi web.
Google Closure Tools - Alat yang di gunakan oleh produk-produk google, seperti GMail,Google Docs dan Google Maps
Google Code - Situs google yang mempunyai banyak fungsi, seperti menyediakan proyek hosting,-
Dart - Adalah bahasa programer web terstruktur yang di kembangkan oleh pihak google.
Google Go - di kompilasi, bahasa pemograman konkuren yang di kembangkan pihak google.
OpenSosial - set API yang berfungsi membangun aplikasi sosial di banyak situs.
Page Speed- alat yang berfungsi membantu pengembangan dan mengoptimalkan web.
Googel Swiffy - alat untuk mengkonversi Adobe Flash file (SWF) ke HTML5
Webmaster Tool - Alat pengembang yang mempunyai fitur yang luas, seperti sitemap, statistik query dan robot txt. Alat ini termasuk yang paling populer.

· CARA KERJA GOOGLE SEARCH

1. Google Melakukan Perayapan (Crawling)

Crawling atau perayapan merupakan sebuah proses dari robot Google seperti Googlebot, Spiderbot, Bot, dan Spider dalam mencari halaman-halaman (pages) baru baik itu baru diposting atau baru diupdate oleh user untuk ditambahkan ke dalam indeks pencarian Goole. Dalam melakukan crawling ini Google menggunakan komputer raksasa dengan teknologi yang tinggi agar bisa merayapi jutaan halaman web. GoogleBot mempunyai algoritma cerdas yang dapat menentukan halaman yang mana saja yang akan dirayapi. GoogleBot ini akan mengunjungi setiap halaman baru yang di tambahkan, kunjungan ini dilakukan tidak lebih dari sekali, akan tetapi jika anda mendapatkan informasi bahwa GoogleBot melakukan kunjungan lebih dari sekali, maka itu adalah lanjutan dari kunjungan yang lama yang diakibatkan oleh delay yang terjadi pada bot.

2. Google melakukan pengindeksan (Indexing) pada halaman blog/ website

Kemudian setelah proses crawling, maka Google akan mengumpulkan seluruh kata dan lokasi yang dibaca dari masing- masing halaman yang didapatkan kemudian memasukkannya ke dalam sebuah indeks besar. Tidak hanya kata dan lokasi saja tapi Google juga memproses segala informasi atau tipe konten yang ada pada halaman yang telah dirayapi, yang berupa tag kunci yang penting seperti paragraf, link, body, meta, title, dll. Selain itu juga atribut- atribut lainnya seperti alt, href, rel, dll.

3. Google akan Menampilkan hasil pencarian (Serving/Delivering)sebuah url halaman blog/website pada index halaman Google


Serving/delivery merupakan proses untuk mencari dan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan keyword yang user ketikkan di dalam kotak pencarian googleGoogle mempunyai relevansi tingkat kepercayaan terhadap kesesuaian hasil pencarian dengan hasil yang diinginkan user. Semakin ke bawah hasil pencarian maka semakin kecil tingkat relevansinya. Tingkat relvansi ini tidak hanya didukung oleh isi blog saja, mengingat sekarang Google sudah mempunyai Google Panda dan Pinguin sehingga tingkat PageRank juga sangat berpengaruh dalam hasil pencarian. Selain PageRank masih ada lagi beberapa hal yang berpengaruh, misalkan struktur navigasi web, isi web, konten halaman, tingkat kepopuleran posting, dll.
Nah, dapat kita mengambil sebuah kesimpulan dari 3 proses Google di atas kita dapat belajar bahwa google mempunyai sebuah perhitungan yang akurat dan penerapan seo pada sebuah blog merupakan tolak ukur sebuah blog atau website yang ingin google bisa ramah dan terus melakukan pengindesan pada ulr terbaru kita dan untuk bisa mendapatkan ranking pencarian yang baik untuk halaman yang telah kita posting kita harus memperhatikan hal-hal yang sangat berkaitan dengan hal mendasar dari website dan prinsip dasar dari mesin pencarian. Kita harus bisa memastikan bahwa bot dari mesin pencari dapat merayapi seluruh isi dari halaman website/ blog yang kita miliki dengan baik. Semua hal tersebut berkaitan dengan SEO On Page, misalkan tentang penggunaan sitemap xml, sitemap html, sususan struktur web, meta description,title tags, kualitas isi, dan lainnya

E. REKOMENDASI PENGGUNA

1. GOOGLE








Tidak asing bagi pengguna internet dengan Search Engine yang satu ini. selain sering di gunakan untuk HomePage. Google juga sudah menarik hati para pengguna komputer.

Pengembang : Google Inc
Kelebihan yang di miliki :
1. Lebih Cepat dan mudah dalam mencari data
2. Canggih dan memiliki fitur yang baik
3. Memiliki tampilan yang simple dan menarik
4. Memilki pilihan data yang akan di cari (video, books, image. dst)
5. Google adalah serach engine yang memiliki cache yang di gunakan untuk menghemat waktu dalam pencarian.

2. YAHOO!



Yahoo!. Tidak asing di telinga para pengguna internet di seluruh manacanega. Fitur-fitur yang menarik dan asyik telah memikat pengunjung internet. Fitur pembuatan e-mail dari Yahoo, paling baynyak di gunakan dan menjadi fitur kebanggaan Yahoo!.com.
Pengembang : Yahoo! Inc
kelebihan yang dimiliki :
1. memiliki tampilan utama yang menarik
2. Yahoo search selalu menampilkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata kunci yang sedang dicari
3. Yahoo! search juga memeilki kecepatan dalam mencari data
4. yahoo! memeilki katalog web, yang dapat memepermudah mencari web yang telah di kunjungi
5. Kita dapat log in (jika sudah memeilki aku nya) dan mendapatkan data yang lebih jelas



3. BING






Telah banyak yang menegnal search Engine ini. BING merupakan revolusi dari search engine milik Microsoft yang lama yakni Kumo. Dengan ada nya BING yang juga sebagai pengganti Live Search niscaya dapat membuat Microsoft meningkatkan urusan share bisnis nya.



Pengembangnya : Microsoft
Kelebihannya :
1. Mempunyai fasilitas instant answer. Yang memempukan BING untuk menampung smua jawaban
2. Dapat menampilkan cashback pada penelusuran online shop
3. Lebih lengkap dan luas dalam menemukan data-data terutama maslah image atau video nya
4. BING selalu menampilkan hasil pencarian yang ter-update
5. Menampilkan pop up di text pada hasil pencarian yang disentuh oleh mouse pengguna






4. ASK.Com






Ask.Com merupakan Search Engine yang tidak beda jauh dengan Google. Markas besar ask.com terletak di Oakland, California, USA dan di bawah kekuasaan Inter Active Corp.
Pengembangnya : Garret Gruener dan David Warthen (California)
Kelebihannya :
1. Background dari Ask.Com dapat di ubah sesuka hati
2. Ask.com akan mencari jawaban yang tepat atas kata kunci yang di cari oleh pengguna
3. Canggih dan dapat menyediakan jawaban lebih luas serta lengkap



5. Lycos



Lycos.. mungkin agak asing di telinga search engine yang satu ini. Akan tepapi Lycos juga tak kalah jauh dari search Engine yang lain nya.
Pengembangnya : Bob Davis (Lycos.Inc)
Kelebihannya :
1. Dapat mencari data dengan cepat
2. Lycos memilki keunggulan fitur bagi para remaja yakni “Fun Search” yang berisi tentang gosip, lagu yang ter-upToDate dari selebitis-selebritis ternama
3. lycos selalu menampilkan 50 pencarian terbaik/terbesar dalam halaman nya
4. Lycos juga akan menampilkan pencarian terbaiknya dalam pencarian MP & video nya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top