yanikom.net - Seiring perkembangan teknologi informasi memudahkan kita dalam mentranformasikan informasi ke khalayak dunia, kondisi ini seolah menghipnotis seluruh sektor kehidupan dan memberi warna beda di setiap detiknya.

Internet, ya satu kata inilah yang memberikan berjuta kemudahan dan menghapus jarak serta ruang dan waktu hingga tak jarang banyak yang keasyikan di dunia maya. Ini sebuah tantangan yang cukup besar dalam dunia pendidikan, terlebih jika dalam lembaga-lembaga pendidikan yang para pendidiknya golongan lama alias Guru konvensional yang tak mau mengupdate kemampuan di bidang ini. Tentu akan sangat jauh tertinggal oleh informasi yang diketahui oleh anak didik kita.

Sudah membudaya dikalangan peserta didik dalam obrolan setiap hari yang di bahas bagaimana statusmu hari ini? Saling olok-olok antar peserta didik tak jarang terjadi di media social, Bagaimana jika kita tidak ada diantara mereka, tentu akan sangat kesulitan dalam mengontrol perkembangan kepribadian anak didik.

Kendali akan pemanfaatan internet akan sangat kesulitan karena kita tidak ada disana. Beda jika kita berada ditengah-tengah mereka pasti akan ada kontrol bagi mereka. Status yang kurang perlu akan sangat terkurangi untuk menjadikan media sosial sebagai media pembelajaran yang mengasikkan dan mampu menghapus jenuh kala tugas menumpuk.

Ini masalahnya masih banyak diantara kita (para guru) yang masih kurang peduli dengan ini masih banyak yang bilang "saya tidak bisa internet apalagi facebookan, tweetter, instagram “ lalu bagaimana cara kita bisa mengontrol/mengawasi  anak didik kita jika kita sendiri tidak bisa menggunakan?


Pepatah “dikandang macan kita harus mengaum, kalau dikandang kambing kita harus mengembek” artinya “kalau kita ingin tahu apa yang dilakukan oleh anak didik kita dalam menggunakan media social kita juga harus menggunakan media social, bukan untuk ikut dalam warna tapi bagaimana kita bisa menciptakan warna yang berbeda untuk bisa memanfaatkan media social dengan cerdas". (www.yanikom.net)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top